Have an account?

Minggu, 10 Oktober 2010

Tips membersihkan kipas angin

kipas+angin.JPG.jpghueeeh...hari ini begitu melelahkan, setelah pulang dari perjalanan yg cukup panjang membuat aku kecapean. Tanpa basa basi aku langsung saja berbaring di kamarku, udara yg panas membuat aku kegerahan, biasanya aku tidak lupa menghidupkan kipas angin duduk ku. Rumah ku memang agak sedikit panas lantaran kesalahan dalam perencanaan tata ruangnya, posisinya yg menjadi sorotan sinar mata hari di waktu siang membuat kamar ku ini menjadi terasa panas di waktu siang dan dingin di waktu malamnya, dengan kondisi inilah yg membuat aku tidak bisa lepas dari baling baling angin ini.
setelah tombol on nya ku pencet maka hilanglah kegerahan yg ku rasakan tadi, hembusan anginya membuat aku semakin rindu untuk memejamkan mata,..kali ini angin yg keluar mesin ini agak sedikit beda dari yg biasanya, nafasku semakin sesak dibuatnya. setelah ku cek ternyata kipas anginku dipenuhi dengan debu. maklum rumah ku ini memang jarang dihuni karena kata orang penghuninya seorang pilot dengan jam terbang tinggi,...hehehehe,..just kidding,....

Kipas angin listrik yang sering kita gunakan dirumah tidak akan selamanya bersih, walaupun sebersih apapun tempat kita pasti ada aja debu lengket yang menempel pada selah-selah kawat yang menutupi baling-baling kipas. Jika sudah seperti ini maka kita pun harus membersihkannya.

Bagi anda yang belum pernah membersihkan dan membongkar kipas angin, bisa mengikuti tips berikut ini :

1. Lepas/kendorkan pengikat/mur yang ada dibagian bawah pada kawat kipas yang menutupi baling-balink.

bongkar_kipas01.jpg


2. Lepas kawat penutup depan baling-baling. 


3. Lepas penutup/pengunci baling-baling yang terdapat ditengah-tengah baling-baling, putar ke arah kanan. 


bongkar_kipas02.jpg

4. Lepas baling-baling.
5. Lepas kunci penguat kawat bagian belakang baling-baling, putar kearah kiri. Dan buka juga mur-mur pengunci kepala box dinamo. 
bongkar_kipas03.jpgbongkar_kipas031.jpg



6. Lepas kawat belakang baing-baling.
7. Kendorkan mur pada tiang kecil pengatur gerak kipas, kemudian lepas. 
bongkar_kipas04.jpg

8. Buka mur pada bagian belakang penutup mesin/dinamo kipas, dan buka penutup tersebut. 
bongkar_kipas05.jpg

9. Jika sudah terlepas semua, barulah anda mulai membersihkan debu-debu lengket yang menempel di tiap-tiap bagian kipas tersebut. 

10. Gunakan minyak WD-40 untuk membersihkan bagian dinamo.

bongkar_kipas06.jpg

11. Jika sudah selesai membersihkan dan bagian-bagian kipas angin sudah terlihat kinclong, maka pasang kembali body dan bagian-bagian kipas seperti semula. Untuk langkah-langkah pemasangannya tinggal kebalikannya saja dari langkah-langkah pembongkaran.


Semoga membantu dan bermanfaat.
Share

1 komentar:

Pemerograman Java mengatakan...

Mantab,,,,Jangan lupe kunjungi jugo http://www.aplikasi-database.blogspot.com

Posting Komentar